PKM S2 PAI Pascasarjana UIN Datokarama Palu Latih Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru

WhatsApp Image 2024-06-04 at 8.25.52 AM
IMG_5193
WhatsApp Image 2024-06-04 at 8.25.45 AM
WhatsApp Image 2024-06-04 at 8.25.38 AM
WhatsApp Image 2024-06-04 at 8.25.49 AM
20240520_092213-1536×1152
WhatsApp Image 2024-06-04 at 8.25.45 AM (1)
WhatsApp Image 2024-06-04 at 8.25.50 AM
previous arrow
next arrow

Madrasah Alkhairaat Sigi, Sigi – Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru yang dilaksanakan di Madrasah Alkhairaat Sigi pada hari Senin, 20 Mei 2024.

Kegiatan PKM ini dibuka langsung oleh Ketua Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Palu Dr. Andi Anirah, S.Ag., M.Pd. mewakili Direktur Pascasarjana UIN Palu Prof. H. Nurdin, S.Pd., S.Sos., M.Com., Ph.D. sekaligus dihadiri oleh Kepala Sekolah Madrasah Alkhairaat Sigi Dra Tien. Kurniati. Dalam sambutannya, Andi Anirah mengungkapkan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma tersebut adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian. Kata Andi, kegiatan ini dapat terselenggara atas dana DIPA UIN Palu.

“Adapun peserta pada kegiatan ini diikuti oleh 6 sekolah diantaranya MA Alkhairaat Sigi, MTs Alkhairaat Biromaru, MIS Alkhairaat Biromaru, MA Nidaulkhairaat Pombewe, MTs Nidaulkhairaat Pombewe, dan MTS Darussalam,” kata Andi Anirah.

Kata dia, untuk memberikan materi kepada peserta dua narasumber dihadirkan yang masing-masing sebagai dosen Pascasarjana UIN Datokarama Palu yakni Dr. Hj. Rustina, M.Pd. dan Dr. Erniati, S.Pd.I., M.Pd.I.

Lanjut Andi Anirah, tujuan dari PKM ini adalah untuk melatih para guru dan mahasiswa untuk lebih memahami terkait teknik penulisan karya ilmiah apakah itu berbasis PTK ataupun yang lainnya.

“Menulis KTI (Karya Tulis Ilmiah, red) bukan hanya sekadar ajang untuk mencari pengakuan dan apresiasi semata. Lebih dari itu, menulis KTI memberikan manfaat bagi seorang guru,” lanjut Andi Anirah.

Menurut Andi Anirah, menulis KTI, seorang guru dapat menghadirkan ide-ide segar dan inovatif dalam pendidikan. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

Selain itu, dengan menulis KTI juga menjadi sarana untuk berkolaborasi dengan sesama guru atau bahkan peneliti lainnya. Melalui kolaborasi ini, guru dapat memperluas jaringan serta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terkait bidang ilmu yang digeluti.

“Harapannya dengan kegiatan ini akan melahirkan berbagai hasil karya dari bapak ibu guru yang nantinya akan diterbitkan di prosiding atau jurnal baik yang ada di Kampus UIN Palu ataupun di Perguruan Tinggi lainnya,” sebut Andi.

Andi Anirah juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Madrasah Alkhairaat Sigi yang telah memfasilitasi kegiatan ini, serta kepada peserta yang meluangkan waktunya untuk mengikuti acara ini.

#uindatokaramapalu
#kampus1000mimpi